SCAMPER FOR BUSINESS MODEL

November 23, 2008

SCAMPER FOR BUSINESS MODEL

Apple business model

 

SUBTITUTE FOR TARGET CUSTOMER

Menurut saya apple dalam menargetkan customernya adalah orang-orang yang memiliki uang yang banyak atau dengan kata lain adalah orang-orang yang high end, maka kami akan mengantikan target market yang ada pada hari-hari ini menjadi middle class. Tercatat 95 I-Phone perhari laku terjaul hanya dengan menargetkan High class apa jadinya bila membuat produk untuk middle class seperti yang sekarang sedang steve jobs lakukan dengan I-Phone 3G.

 

COMBINE with PARTNET NETWORK, i-Tunes with Wii

Tampaknya akan menarik bila i-Tunes di combine dengan Wii yang memiliki tampilan putih bersih. Penggabungan ini akan sangat menyenagkan bila kita bisa menyetel lagu kita di Wii dan membelinya on-line di i-tunes store. Hal ini sangat mungkin karena iWii dapat menggunakan jaringan internet dan i-tunes store beroperasi menggunakan internet.

 

ADAPT for CUSTOMER RELATIONSHIP and DISTRIBUTOR CHANNEL

Seperti dapat kita lihat Apple sangat lihai dalam mendesain tempat purna jual mereka dengan memadukan technology dan keadaan sekitar, oleh karena itu sangatlah diperlukan pemaduan antara teknologi dengan budaya dan keadaan sekitar.

Hebatnya Apple dengan gayanya yang minimalis, serba putih dapat diterima dimanapun, mengkodisikan pernerimaan yang kuat di mata masyarakat. Maksud saya  masyarakat menjadi antusias dan senang dengan adanya toko-toko apple seperti ZOOM di PVJ sehingga terlihat penuh terus.

 

MAGNIFY of  COST STRUCTURE, Minimize the cost.

Meminimkan pengeluaran yang ada adalah pilihan tepat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu saya menyarankan agar apple dapat menemukan cara untuk menurnkan cost seperti yang terjadi pada i-Phone 3G dengan kontrak yang berhubungan langsung dengan perusahaan telekomunikasi besar seperti AT&T dalam membangun product ini maka iphone akan mendapatkan untung yang lebih besar. Yang terpenting adalah tetap jaga kualitas sehingga tetap mendapatkan gaya steve.

 

PUT ANOTHER USE, Social Concern

Menyediakan sebagian keuntungan untuk kepentingan social adalah keputusan yang sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh mereka yang kurang beruntug, saya menyarankan agar disumbangkan ke semacam grameen bank yang memiliki bisnis berlandaskan social.

 

ELIMINATE SLOW DISTRIBUTION CHANNEL

Segala yang lambat tentunya akan sangat membuat customer marah dan sangat tidak disengangi. Apple telah memiliki prouct yang cepat. Apakah pengirimann dan penyebaranya juga cepat? Hm… cukup lama tampaknya sampai-sampai sakit hati menuggu i-Phone 3G dating ke Indonesia. Maka saya menyarankan untuk mempercepat semua itu. FASTER-FASTER,FASTER!!!

 

REVERSE VALUE PROPOSITION

Bila biasanya kita menerima i-Pod yang sudah di desain tentulah sangat menyenagkan bila bisa membuat i-Pod sesuai dengan desian yang “kita banget” seperti nike yang sudah pernah mempromosikan produknya secara customize alias designnya terserah kita.

===========================

Posted by Rafdy Hifdhurrahman

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: